Penyembuhan Luka Batin

Pada saat mengikut retret penyembuhan tempo hari, saya cukup tercengang dengan antusiasme para umat Katolik yang mengikut retret tersebut. Tidak hanya karena banyaknya peserta (lebih dari 600 orang), tetapi juga karena semangatnya. Banyak yang datang dari luar kota, bahkan dari luar pulau Jawa. Kalau saya lihat, sebenarnya mereka tampak sehat secara fisik. Tidak nampak ada kejanggalan atau penyakit yang tampak secara nyata. Hanya sedikit saja yang tampak ada masalah dengan tubuhnya.

Tetapi setelah mengikuti acara retret barulah terungkap. Kebanyakan dari peserta retret adalah dalam rangka penyembuhan luka batin. Mereka mendambakan Kasih Allah dan memohon dipulihkan dari luka batin. Apa sih Luka Batin (LB) itu?

Luka Batin

Luka batin adalah sebuah peristiwa atau pengalaman yang sangat mengguncang atau menyedihkan sehingga melukai perasaan/batin kita. Peristiwa atau pengalaman ini dapat menciptakan trauma yang membekas dan melekat sampai ke batin yang paling dalam. Seperti kita tahu, sebenarnya kejadian yang kita sadari adalah hanya kurang dari 20% dari apa yang kita sadari. Seperti saat kita bernafas, kita seringkali tidak menyadari bahwa sebenarnya kita itu bernafas. Demikian juga dengan pencernaan, berpikir, dan emosi. Masih banyak lagi hal-hal yang terjadi di dalam diri kita yang tidak kita sadari.

Nah, peristiwa atau pengalaman yang sangat megguncangkan atau menyedihkan itu seringkali terbawa ke batin kita dan menciptakan luka traumatik di sana. Mungkin kita sudah mencoba melupakan peristiwa/pengalaman traumatik tersebut, tetapi seringkali melupakan itu belum menyembuhkan. Suatu saat ketika tiba-tiba kita teringat, kita sering luka itu menganga lagi dan membuat kita menjadi sedih lagi. Bahkan sering kali kesedihan itu berkelebat setiap waktu dan mengakibatkan depresi/stress, terutama jika peristiwa itu begitu menyakitkan hati.

Contoh-contoh penyebab luka batin misalnya: dikhianati pasangan/pacar, ditelantarkan orang tua, disia-sia orang tua/orang lain, bertengkar, marah/kecewa, dendam, dan lain-lain. Sering kali karena kita tidak dapat/sulit mengampuni, semuanya itu menjadi luka batin yang serius. Luka batin yang serius sangat berbahaya bagi jiwa karena dapat menimbulkan dampak negatif, tidak hanya bagi diri kita sendiri, tetapi juga bagi orang-orang lain di sekitar kita, terutama orang-orang yang kita kasihi. Banyak sekali kasus bunuh diri karena luka batin ini. Atau banyak sekali orang menjadi tega melakukan tindak kekerasan karena luka batin ini.

Lebih parah adalah karena jika kita menderita Luka Batin, maka berkat dan rahmat Allah bisa tidak sampai ke diri kita, seolah kita terhalang untuk menerima berkat Allah. Bukankah Allah akan mengampuni kita jika kita mengampuni sesama kita? Jadi jangan sampai luka batin ini menjadi penghalang bagi kita untuk menerima berkat dan rahmat Allah yang luar biasa indah dan melimpah itu.

Adakah Obatnya?

Obat bagi penderita LB sebenarnya sangat murah, tetapi obatnya sangat pahit. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya banyak karena Allah telah memberikannya dengan cuma-cuma. Tetapi untuk menelan obat ini sangat pahit. Kita harus menanggalkan segala ego dan harus merendahkan diri serendah mungkin, yaitu untuk berserah total kepada Allah dan untuk mengampuni orang lain.

Seringkali kita begitu sulitnya mengampuni kesalahan orang lain, padahal syarat agar dosa/kesalahan kita diampuni adalah dengan mengampuni kesalahan orang lain. Tidak hanya mengampuni orang-orang terdekat yang kita kasihi, tetapi bahkan juga bagi musuh kita.

Berikut ini adalah tips singkat untuk memperoleh keselamatan, kesembuhan dan pembebasan. Tips ini oleh-oleh dari Retret.

  1. Mengampuni kesalahan sesama dan berdamai.
  2. Memohon pengampunan kepada Allah, terutama karena Yesus Kristus telah menebus dan menyembuhkan kita.
  3. Selalu berdoa, tiada hari tanpa doa.
  4. Membaca, merenungkan, menghayati dan melakukan Firman Allah.

Demikian tulisan singkat tentang luka batin. Semoga dapat memberi pencerahan bagi kita semua dan lebih mendekatkan kita pada Allah.

Amin.

About these ads

68 responses to “Penyembuhan Luka Batin

  1. sometimes I feel like I need it too.

  2. thanks, I think this is the answer of my problem right now.

  3. Jadi ingat masa lalu saya…mungkin sedikit curhat,saya juga seorang yang mempunyai luka batin dan saya berpikir saya adalah seseorang yang paling menderita didunia ini,banyak nasehat yang tidak mempan terhadap saya (karena saya merasa benar dan menyalahkan orang disekitar saya bahkan TUHAN juga)karena saya percaya bahwa saya bisa sembuh disuatu hari dan sekarang saya sudah sembuh,mungkin menurut pengalaman saya kunci untuk menyembuhkan luka batin adalah mengasihi diri dulu,menerima apa adanya diri kita, baru mengasihi orang lain dan tidak bisa dibalik,terima kasih.(src:seven habits by steven covey)

  4. Dear Hengky Dermawan,

    Syukurlah Anda telah sembuh. Anda benar, untuk dapat mengasihi orang lain, Anda juga harus sudah mengasihi diri sendiri. Ingat kata Yesus: “Kasihilah sesamamu manusia seperti mengasihi dirimu sendiri.”

    Anda dapat “memberi” kalau Anda “punya”. Kalau Anda tidak punya, dengan apa Anda memberi?

    Salam.

  5. Kepada Bapak Dewo,

    Salam kasih,terima kasih atas tanggapannya untuk komentar saya,untuk pertanyaan “Kalau Anda tidak punya,dengan apa Anda memberi?” saya sangat sulit memahaminya mungkin yang dimaksud,bagaimana seseorang dapat mengasihi dirinya kalau dirinya merasa tidak punya apa-apa?

    Bahan referensi dalam komentar saya terinspirasi dalam sebuah pernyataan seorang pejabat PBB yang mengatakan kurang lebih” Adalah lebih mulia seseorang mengabdikan hidupnya untuk satu orang terdekatnya daripada seribu orang di seluruh dunia”,berusahalah dirumah dahulu baru keluar dan perumpamaan 10telur yang salah satunya telur tidak baik/busuk.

    Jika seseorang tidak dapat mengasihi/membenci dirinya,sangatlah sulit untuk mengasihi orang lain dengan tulus,cobalah merubah sudut pandang kita yang negatif dengan sudut pandang yang baik yang lebih efektif lagi disertai perbuatan yang baik karena takdir adalah sebuah pilihan,

    Terima kasih.

  6. Dear Hengky,

    Maksud saya dengan kalimat:

    Kalau Anda tidak punya, dengan apa Anda memberi?

    adalah bahwa kita harus memiliki “kasih” untuk dapat memberikan “kasih” bagi orang lain. Kasih yang termudah adalah “mengasihi diri sendiri”, walau pun ternyata ada banyak orang yang sepertinya tidak mampu mengasihi dirinya sendiri. Sedangkan yang tersulit adalah “mengasihi sesama manusia.” Jika kita tidak dapat mengasihi diri kita sendiri, bagaimana mungkin kita dapat mengasihi orang lain?

    Itulah rangkuman warisan kasih Yesus yang kedua, yaitu: “kasihilah sesamamu manusia seperti mengasihi dirimu sendiri.”

    Salam

  7. Dear all,
    Jangan lupa membaca tulisan saya yang lain: Cara Mengasihi Allah yang bertutur tentang cara mengasihi Allah, yaitu dengan cara mengasihi sesama.

    Salam.

  8. apakah luka batin dapat disembuhkan lewat jamahanNya saja ?.

  9. @Dear Andreas Widjaja,

    Kuasa-Nya sungguh luar biasa. Hanya dengan Sabda saja sudah dapat menyembuhkan. Apalagi jika DIA menjamah.

    GBU

  10. good, gue udah ikut PLB=penyembuhan luka batin 4X SHB 5X…self image 3 X…..but it’s never enough, gimana gitu rasanya ketika Tuhan menjamah, indah!!!…..maju terus karismatik!!

  11. Dear Pak Dewo,
    Saya sudah mengalami luka bathin berulang, dikhianati suami, saat saya tahu terulang lagi hal seperti itu rasanya hati ini sangat sakit, karena saat saya desak dia tidak mau bicara terus terang pada hal saya punya segudang bukti, malah sebaliknya saya dimarahi terus, dia minta maaf tapi saya takut itu hanya sekedar dimulut,bagaimana caranya supaya dia benar-benar bertobat. GBU

  12. @Dear Anselma (mirip nama saudariku),

    Lebih baik jika Anda mengajaknya ikut retreat. Mungkin ada perbaikan setelah kalian berdua mengikuti retreat. Tetapi yang penting Anda harus memaafkan dan selalu mendoakan dia.

    Semoga Tuhan memberkati.

  13. Terima kasih atas penguatannya untuk saudari seiman.
    sudah saya maafkan,cuma kalau berulang sakitnya luar biasa.Pendapat orang yang mengenal saya, saya luar biasa pemaaf.tapi saya juga manusia saya memang rencana ngajak retreat, katanya ada retreat tulang rusuk,ME, tapi semuanya saya samar-samar, jadwalnya dan segalanya
    atau di sini juga ada retreat semacam itu. bisa tolong informasinya.
    GBU

  14. @Dear Anselma,

    Dalam waktu dekat ini (tanggal 5-6 Mei 2007) ada retret dengan judul “Tuhan Merenda Hidupku” di Pratista, Cimahi Bandung. Saya tidak tahu apakah retret ini tepat untuk Anda atau tidak. Tetapi Anda dapat memperoleh informasi lebih lanjut dengan menghubungi:

    Ibu Winda, 021-824 01282 atau 0811 912138.

    Semoga dapat membantu. GBU.

  15. Tulisan anda benar bro. Saya pernah mengalaminya dan sekarang saya sudah melewatinya. Itu karena saya benar – benar merendahkan hati dan diri saya agar menerima itu semuanya. Dan memang saya tidak mau Luka Batin itu menjadi penghalang bagi berkat Allah yang tercurah buat saya. Than’s for your BLOG.

    KeeP rocking n rOlling,
    Elang Jawa

  16. @Dear Elang Jawa,

    Puji Tuhan Anda sudah melewatinya.

    Tuhan memberkati.

  17. Dear Dewo,
    rasanya menyenangkan mendengar dan membaca kisah2 seseorang yang sudah melewati masa2 penyembuhan luka batin…
    Saya sendiri sebenarnya sudah pernah ikut Retreat PLB seperti itu 2x, tapi entahlah apakah saya kurang membuka diri kepada Tuhan atau memang “belum waktunya” buat saya mengalami penyembuhan. Karena justru setelah saya mengikuti retreat tersebut, keadaan saya tampaknya “lebih memburuk”.
    Mohon bantuannya untuk masalah yang saya hadapi itu… jika seandainya saya kurang bisa menyerahkan diri seutuhnya kepada Tuhan, apa yang harus saya lakukan?
    Saya sangat rindu untuk merasakan jamahan-NYA.
    Thanks before, n GBU :)

  18. @Dear Skolastika,

    Maaf, saya baru bisa membalas komentar Anda setelah sekian lama.

    Kadang ada beberapa orang yang belum bisa langsung sembuh saat pertama kali mengikuti retreat. Salah satu kendala yang menghalangi kesembuhan bisa saja karena kita kurang dapat membuka hati dan belum dapat menyerahkan diri sepenuhnya pada Allah.

    Tidak mengapa jika pada kesempatan retret Anda belum bisa sembuh. Andalah harus membongkar barikade penghalang kesembuhan Anda. Penghalang ini bisa saja dari roh jahat yang bercokol kuat dalam hidup Anda atau keluarga. Tetapi ini hanya salah satu contoh saja.

    Tetapi saya merekomendasikan untuk tetap berdoa dan mempertebal iman dengan membaca Alkitab. Tentu saja jika berkenan, Anda tetap perlu hadir dalam retret karena dengan mengikuti retret, Anda dapat menyelidiki kehidupan dan keimanan dan kerohanian Anda.

    Cobalah rendahkan hati dan berpasrahlah secara total pada Allah. Ampunilah sesama. Kasihilah sesama, bahkan kepada musuh sekalipun. Ketika Anda mengampuni dan mengasihi sesama, maka Allah pun segera mengampuni dan mengasihi Anda. Berkat Allah akan mengalir kepada Anda dengan deras setelah semua dosa diampuni.

    Semoga dapat memberikan pencerahan bagi Anda. GBU.

  19. mas dewo,saya suka sekali dengan tulisan anda(blognya sdh sy link di blog sy yg ala kadarnya) sangat menyejukkan dan memberi pencerahan dalam iman sy,membaca posting anda seperti sudah mengenal anda dan keluarga anda,salam untuk mbak sisi dan axel yg ganteng (sy jd pgn punya anak cowok).GBU

  20. mas, mohon informasi tl rusuk, atau ME, atau pria sejati. istriku lagi luka batin nih. thanks

  21. Saya seorang Katolik. Saya ga tau, apakah saya mengalami luka batin. yang jelas, sakitnya tak kunjung hilang selama bertahun2x. Saya sudah berusaha dan berdoa……entah apalagi yg harus saya lakukan…..
    Dan saya justru dilkai oleh orang-orang yang konon mengaku dirinya Katolik……
    Apa yang basanya Tuhan lakukan untuk orang-orang yang melukai batin kita…….saya sungguh tak ingin mendendam…..sungguh….!

  22. Shalom,

    mgkn bs ikut PRIA SEJATI KATOLIK dan WANITA DIBERKATI KATHOLIK

    yg akan diadakan bulan SEPTEMBER mendatang

    thks & GBU

  23. puji Tuhan, saya jga adalah orang yang sudah sembuh dari luka batin. selama luka batin blm sembuh. ingat. bahwa itu sangat menghambat pertumbuhan kita secara rohani dan bisa membahayakan orang yang ada di sekitar kita.berusahalah untuk mengampuni dan minta kasih Allah untuk memenuhinya. amin

  24. saya juga pernah mengalami luka batin.
    saya pernah di doakan oleh seorang hamba Tuhan. saya sekarang sudah lepas dari luka batin saya. saya sangat setuju apa yang tertulis pada artikel di atas. dengan mengampuni kita akan lepes dari LB. PUJI tuhan. AMIN.

  25. saya mengucap syukur,saya boleh membaca kisah yang membuat saya mengerti arti pengampunan..membuat saya lebih mengerti ketika saya masih menendam luka yang membuat hati saya merasa hancur dan tak tau apa yang harus saya lakukan saya hampir membenci org itu..tpi untung nya saya cepat cepat membereskan luka batin yang hampir 5 thn…ketika saya ikut retret di kampus saya itu sangat memebantu saya dalam penyembuhan ,mudah-mudahan ketika org2 membaca kisah itu membuat mereka mengerti arti tuhan di hidup mereka..thnx.gbu

  26. aku pernah memiliki luka batin yang sampai saat ini belum aku bisa lupakan. aku ngga benci sahabatku” waktu SMK” tapi setiap aku ingat apa yang udah pernah dia lakukan, aku sangat sakit. keluargaku juga ngga suka ama dia. aku c biasa z, aku cuma pengen sahabatku berubah. kalau aku membalas sakit hati aku, ntar malah jadi ribet n ngga akan selesai2 masalahnya. pa menurut kalian aku ini bodoh mau diperlakukan kaya gitu sampai aku mengalami luka batin yang membuat keluargaku kecewa ma dia.? aku mah ngga pengen memperpanjang masalah, aku cuma pengen masalahnya cepat seleai. tapi setelah lulus sekolah, aku kadang di sms ma dia, aku ngga tau c dia tulus pa ngga. dia juga ngga pernah minta maaf ke aku. tapi kalau ada masalah, dia deket lagi ama aku kayak ngga ada apa2 n waktu itu juga ngga pernah minta maaf. meskipun dia ngga minta maaf ke aku, aku dah dari dulu maafin dia. kalau begitu dia berarti ngga tahu diri donk, pa bener?,, makasih ya . tapi aku minta sarannya donk, biar bisa jadi motivasi aku tuk memperbaiki semua n semoga aku menjadi lebih baik daripada sebelumnya. amiin

  27. @ Dear Oksi,

    Rupanya Anda memiliki luka batin karena sahabat Anda. Memaafkan saja mungkin belum menyembuhkan luka batin Anda. Karena perlu lebih dari sekedar memaafkan.

    Ada baiknya jika Anda mengikuti retreat. Di sana Anda akan diajarkan untuk mengobati luka batin. Anda akan sembuh dari luka batin. Apalagi luka batin Anda sudah cukup lama tampaknya. Jangan dibiarkan berlarut-larut.

    Kalau saya menganjurkan ikut retreat, karena di retreat ada metode untuk penyembuhan luka batin yang sangat efektif di samping diajarkan untuk meneguhkan & menguatkan iman. Jadi tidak ada salahnya jika mengikuti retreat.

    Tuhan memberkati.

  28. aku adalah org yg memiliki luka batin hingga sekarang,aku dulu adalah penganut katolik n pernah juga ikut “weekend choice” n sudah banyak mendengar ttg LB n obatnya,btw itu dulu sekarang saya telah melanglang buana di agama lain mulai dari islam,kristen,n skrg agamaku Budha. Aku pindah agama coz aku tidak bisa menemukan obat utk luka batinku ini spt kesaksian dari bnyk org,bahkan seorang biarawati parokiku sendiri pun,yg telah mengajarku agama hingga aku baptis pun hanya utk sekedar sharing dgnnya pun dia berharap sesuatu(parcel)meskipun tidak secara lgsng.Aku skrg telah menjelma menjadi seorang pencuri,penjudi,org yg plng kasar(durhaka), sempat kepikiran bunuh diri,n juga pengangguran(krn aku bru saja dipecat oleh perusahaanku n semua org blm tau termasuk kluarga n calon istriku)bahkan akupun berpikir akan melakukan sesuatu yg lebih gila utk mendapat uang guna pernikahanku yg sudah diambang pintu. Aku dulu sering baca Injil,nonton film,n ngederin semua lagu rohani,bahkan lagu favoritku”Bapa Sentuh Hatiku”.ya akupun nangis mendenar lagu itu btw setelah itu ya selesai akupun menjelama lgi jd iblis,krn aku merasa Tuhanpun telah membuang aku krn dia tidak pernah menyapa n menyentuh hatiku.Masih terbukakah pintu surga buat kedatanganku….???,apakah Dia juga masi sudi untuk mencari seekor dombaNya yg benar2 hilang ini…???coz kluargaku sering bilang lebih baik membuang satu telur busuk daripada yg lain ikut busuk.Mas dewo tolong bls secepatnya ya krn aku dah bosen hidup spt ini trs

  29. @ Dear Ivan,

    Sungguh berat salib yang harus dipanggul oleh Sdr Ivan. Anda sebenarnya menyadari bahwa Anda sedang menderita luka batin dan mencoba mencari obat untuk menyembuhkannya.

    Tapi percayalah bahwa salib yang kita pikul sebenarnya tidaklah berat. Yang harus kita lakukan hanyalah menyerahkan diri kepada Tuhan Yesus. Yesuslah yang akan membantu kita memanggul salib kita.

    Tidak ada salahnya jika Anda mengikuti retreat penyembuhan luka batin. Semoga hati Anda akan terbuka ketika mengikuti retreat ini. Retreat ini tentu berbeda dengan pendampingan oleh biarawati, karena mungkin luka batin ini bukan bidang dari si biarawati sehingga beliau tidak bisa membantu secara efektif. Sedangkan di retret Anda akan menggunakan metode dan pengajaran2 yang dapat menyembuhkan luka batin.

    Jika Anda telah mencoba banyak jalan untuk sembuh, dan Anda pun punya kesadaran bahwa yang diperbuat sekarang adalah salah, maka sebenarnya tinggal selangkah lagi bagi Anda untuk sembuh. Saya sangat menyarankan untuk ikut retret Luka Batin. Dan sini saya akan membantu Anda dalam doa, semoga di saat retret hidup Anda dijamah oleh Yesus dan disembuhkan secara total.

    Tuhan memberkati.

  30. Dear Mas Dewo,

    Oh ya sblmnya thanx bgt ya mas sudah membalas curhatku kemarin(x-press lagi…. :) ) oh ya mas klo q bole tahu retret luka batin itu diadakan dimana dan kapan…?krn aku tinggal diSby.Dan juga apakah akan efektif (sorry lho mas bukan maksud meragukan lho…)krn mengingat aku udah terkena luka batin yang sangat parah (ibarat orang sakit kanker sudah stadium 4 dan sudah divonis oleh dokter untuk menikmati sisa hidup),krn aku sudah sering mengikuti retreat. dan apakah Tuhan mau menerima aku lagi mengingat aku sudah murtad bgt( dulu aku sudah hampir membaca kalimat syahadat yg nantinya akan disaksikan dan disahkan oleh anggota MUI, krn aku org Chinese dan mereka takut agama mereka hanya dibuat iseng saja olehku)bahkan calon istriku yg sekarang pun bilang kamu sebenernya agama apa sih…?(krn agamaku di KTP Buddha sama seperti sekarang sedangkan agamaku disetiap surat lamaran kerjaku Katholik).Thx banget ya mas dewo sudah mau ngebales curhatku yg kemaren,dan sorry juga klo mungkin dari curhatku ini ada yg menyinggung

    Thx N JBU

  31. @ Dear Ivan,

    Sebenarnya retret ini sering diselenggarakan kok. Di Malang kalau tidak salah di Lembah Karmel.

    Oh iya, percayalah bahwa Tuhan itu Mahabaik dan Penyayang. Yesus hadir di dunia ini bukan untuk manusia yang baik, tetapi justru untuk menemukan manusia2 yang tersesat. Bukalah hati sehingga Yesus bisa menemukan dan menyelamatkan Anda. Berdoalah selalu kepada Yesus untuk mengutus Roh Kudus dalam kehidupan Anda.

    Semoga Tuhan memberkati Anda.

    Salam.

  32. wah emanuel kasusku hampir sama kayak ivan. hanya saja aku tidak mau berbuat dosa yang tak terhapuskan yaitu bunuh diri atau membunuh orang lain aku sungguh takut pada Tuhan
    anehnya setiap aku berdoa dan membaca kitab suci aku dirundung rasa takut dan pikiranku tak karu-karuan.begitu susah menyerahkan diriku sepenuhnya kepada Tuhan karena takut kalau-kalau DIA mengambil nyawaku atau nyawa orang yang kukasihi(keluargaku)please aku tinggal di USA aku ndak tahu apa ada retret.mengapa aku bisa merasa seperti itu sampai-sampai aku berdoa selalu pada-NYA mohon pemulihan dalam hidupku demi keluargaku dan juga sudah minta maaf pada orang-orang yang sudah aku sakiti dan memaafkan orang yang menyakiti aku.please…please aku sungguh minta pertolongan agar tidak berlarut-larut aku sungguh minta kepulihan dalam hidupku

  33. @ Dear Ibu Theresa,

    Mohon maaf karena saya tidak tahu informasi tentang retreat di USA. Namun di sana pasti ada pastur/pendeta atau suster yang akan membantu Anda. Biasanya mereka mau membantu & membimbing orang2 yang membutuhkan bantuan doa & dukungan moral. Dari sana jugalah mungkin ada informasi untuk retret atau program-program doa lainnya.

    Untuk saat ini langkah Anda sudah cukup baik, yaitu dengan menyadari & mau memperbaiki diri. Tetapi mungkin itu belum cukup karena Anda harus dikuatkan juga dengan doa dan dukungan dari romo atau dari jemaat juga.

    Selamat berjuang mengatasi semuanya. Yakinlah bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan Anda. DIA menunggu Anda untuk kembali.

    Semoga sukses. GBU.

  34. Bgm caranya melupakan masa lalu( dgn seseorang ) yang menyakitkan. Saya sudah berdoa dan memohon bantuan Nya utk mengampuninya.

  35. Apa sih luka bathin itu ???
    Apakah aku juga termasuk orang yg mengalami LB itu???
    Emang hatiku hinggga saat ini masih sangat luka dan sangat hancur. Itu krn Tuhan udah mengambil suamiku secepat ini. Hatiku luka sangat dalam, sampai2 aku gak tahn menanggungnya. Aku udah berusaha menyembuhkan luka itu tapi setiap kali ada sesuatu yg bisa membuatku teringat akan masa lalu kami aku akan kembali sakit. Aku butuh penghiburan….. aku udah berusaha membaca firman Tuhan setiap hari…agar hatiku benar2 dipulihkan Tuhan. Tolong aku agar aku benar2 bisa sembuh dari luka yang menyakitkan hati ini..
    Thanks….blessing all

  36. dear mas dewo,

    mas….knpa yach tuhan koq g ada putusnya nyobain gw…???mas masi inget curhatq yg kmrn kan…???yg calon istriq agama Budha…,mas… dia dah pulang balik ke tangerang n dia dah mo married ama orang sana (hik…hik..hik…)dan sekarang karier gw hampir hancur(gw terancam tidak bisa promosi jabatan bahkan terancam out)knapa y mas koq jalan hidup gw sial terus spt ini ..??
    apa gara2 gw lahir tanggal 13 kali yach..??padahal gw dah sering ikut acara buang sial dsb tapi knp koq hidup gw masi dalam lingkaran setan kaya gini..??oh y mas kemarin gw dikasih buku ma orang kantor tentang”masa penuaian”dimana ada salah satu ayat berbunyi”ketuklah maka pintu akan dibuka bagimu,mintalah maka Dia akan memberikannya bagimu”setelah baca ayat itu gw langsung nangis gw merasa koq God membiarkan gw sendirian n kedinginan ditengah gelap malam tanpa mau membuka pintu bagi gw…knapa koq Dia g adil sama gw masa doa2 gw dari dulu g pernah dijawab barang sekalipun knp mas…??pa mungkin Dia dah g peduli lgi ma gw..??gw rindu kehangatan mas entah itu dari kluarga.kantor,dll dan gw ngerasa hidup gw sepi banget meskipun gw punya cukup duit buat having fun hampa banget mas…please y mas bls curhat gw JBU thx

  37. @ Dear Ivan,

    Melanjutkan curhat sebelumnya:
    Berdasarkan pengalaman, penyembuhan luka batin itu terhambat karena diri sendiri, bukan karena Tuhan atau orang lain. Biasanya karena kita sendiri yang belum bisa mengampuni orang lain yang menyebabkan kita luka batin. Padahal dalam doa “Bapa Kami” kita diajarkan:

    “Ampunilah kesalahan kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami.”

    Jika kita hidup dalam penuh perasaan negatif (seperti dendam, iri-dengki, dll), maka kita pun akan hidup dalam suasana negatif. Atau seringkali kita menyebutnya sebagai “sial”. Karena semua yang negatif akan selalu datang ke dalam kehidupan kita (secara otomatis).

    Membuang sial dengan cara mistis malah akan memperparah kehidupan rohani kita. Karena cara-cara mistis tersebut sering kali menggunakan kuasa kegelapan. Jika pun hidup jadi beruntung, itu sifatnya sementara. Setelah itu kesialan akan datang berlipat-lipat.

    Namun jika kita dibersihkan oleh kuasa Tuhan, maka percayalah bahwa itu adalah yang terbaik. Tuhan yang empunya segalanya, percayalah bahwa Beliau selalu ingin memberikan yang terbaik bagi kita. Namun seringkali kitalah yang tidak mau diberi yang terbaik.

    Seperti yang sudah Sdr Ivan kutip: “Ketuklah, maka akan dibukakan bagimu. Mintalah, maka DIA akan memberikannya padamu.”

    Bagaimana mungkin jika kita mengetuk sekali kemudian kita pergi? Padahal Tuan Rumah sedang berjalan untuk membukakan pintu bagi kita. Namun yang didapati di depan pintunya tiada seorang pun.

    Jika kita mengetuk, ketuklah terus sampai pintu itu dibukakan. Dan jumpailah si Tuan Rumah. Berilah salam. Dan bersyukurlah jika Tuan Rumah mengajak kita masuk dan menikmati makan bersama. Nikmati hangatnya perjamuan makan bersama DIA.

    Semoga Sdr Ivan dapat memperoleh pencerahan dari Tuhan. Tuhan memberkati.

  38. @ Theresia:

    Saya tinggal di USA daerah Los Angeles. Apa Theresia juga tinggal didaerah sini? karena kebetulan gereja saya akan mengadakan retreat yang juga mencangkup pengenalan roh kudus dan penyembuhan luka batin pada tgl 23-26 July mendatang. Kalau tertarik anda bisa menghubungi gereja St. Stephen Monterey Park atau email donel@mudikaic.org

    Semoga ini membantu :)

    Tuhan memberkati

  39. Dear Emanuel…

    Mas…,aku jadi bingung mo ngomong apa lagi…knapa ya mas koq Tuhan g ada henti2nya menghajar aku…???melanjutkan curhatku yg tempo hari mas,Dia udah mengambil tunanganku,dan sekarang apa yang kutakutin akhirnya terjadi juga aku sudah dipecat dari kerjaanku.Sekarang aku menjadi limbung bagai orang buta yang berjalan tanpa tongkat,ini menjadi kado terindah mas dihari Ultahku(13juli)karena dihari itu aku resmi menyandang gelar pengangguran.hidupku sudah hancur berkeping2 mas…,aku g tau lagi mesti ngomong dan berbuat apalagi…???bisnis kecil2an yg aku rintis juga hancur(aku ditipu oleh teman baikku sendiri).Mas aku mau tanya “apakah Tuhan memang betul2 ada…???”kalau Dia memang ada kenapa koq Dia menghajar aku sampai begini…???.Mana kuasaNya yang katanya sangat manis bagi semua orang…???airmataku udah kering mas,dan mulutku sudah kering karena terus berdoa dan berharap mujizat dan belaskasihNya.aku udah capek mas terus berharap sama Dia yang tidak tampak dan tidak nyata.Mas dewo…aku telah menjelma jadi so2k yang hanya mengandalkan kekuatanku sendiri dan tidak mau lagi mengandalkan Dia(karena aku sudah terlalu lelah mas…)Mas apa mungkin ya Tuhan membiarkan Seekor dombaNya mati yang penting 99 ekor bisa selamat…???
    Please balas curhatku ini ya mas karena aku sangat membutuhkannya.
    Thanx y Mas Dewo…,JBU

    • Dear Ivan,

      Memang berat pencobaan yang datang, Tuhan tidak henti-henti nya menghajar kak Ivan. Namun ini semua adalah bagian dari rencana Tuhan. Ini adalah cara Tuhan membentuk hati-mu. Dia rindu kak Ivan untuk senantiasa berharap kepadaNya. Mengandalkan Tuhan, itulah yang Dia mau.

      Hidup sebagai seorang Kristen tidaklah hal mudah. Konsekuensi menjadi seorang Kristen adalah menderita. Karena dengan menderita membuat kita semakin dekat dengan Tuhan. Dia menantikan kita datang kepada Dia dengan hati yang hancur memohon belas kasihNya. Dia tidak akan membiarkan kita terus menderita. Segala sesuatu akan indah pada waktunya. PertolonganNya tidak pernah terlambat. Percayalah itu dan imani itu.

      Kondisi kak Ivan hampir sama dengan keadaanku, aku lahir di tgl 4 Juli dimana angka 4 adalah angka sial menurut tradisi chinese. Aku merasa lahir di tgl yg salah, hidupku penuh dengan permasalahan, dan seringkali bertanya kepada Tuhan kenapa Tuhan semua ini terjadi. Seringkali aku merasa sendiri. Dan aku pun merasa jauh dari Tuhan.
      Dan pada suatu saat aku menemukan bahwa sesungguhnya Tuhan tidak pernah sedetik pun meninggalkan aku. Dia Tuhan yang setia. Itu telah mengubah hidupku sampai sekarang. Sekarang aku tidak pernah merasa sendiri lagi dan senantiasa bersyukur dengan apa yang Tuhan beri. Haleluya!
      Semoga kak Ivan mendapat jamahan Tuhan. Semoga hidupmu dipulihkan selalu. Amen.

      Salam,
      Andri


  40. Dengar lagu ini, ini bakal menguatkan…

  41. luka batin sangat lah susah untuk di sembuhkan tapi dg memafkan q yakin bisa berhasil?

  42. Syalom sdr Emanuel,
    Artikel yang bagus. Obat dari kepahitan adalah mengampuni dan melupakan. Biarlah kita semua belajar untuk cepat mengampuni.

    GBU.
    Hendrik Leverty

  43. Ping-balik: Penyembuhan Luka Batin « Fiat Voluntas Tua

  44. Tulisan yang bagus pak, menjadi inspirasi banyak orang.
    satu lagi yang perlu lebih ditekankan adalah berdamai dengan diri sendiri.

    Salam
    Eko Widayantyo

  45. dr umur 9 th dibuang org tua kandung, ditelantarkan, disia-sia (klo org lain aku tdk peduli tp ini,org yg melahirkanku !!) sejak kecil sakit2an krn keluarga tempat aku dititipkan memang tdk suka anak kecil apalagi perempuan, shg aku kekurangan gizi. Org tua sibuk cek cok terus ( di rmh lain), shg di rmh maupun di sekolah aku stress berat ,kepingin bunuh diri. Memang hanya orang yg kita cintai yg bisa membuat anak2nya terluka hebat batinnya, spt saya ini. Berbahagialah anak yang memiliki ibu, yg mengasihi anaknya tanpa” SYARAT” apapun, tanpa memandang ini anak laki2 menjadi anak kesayangan, atau ini anak perempuan gampang dapetnya, disia2 gapapa, toh bisa mandiri :{ sedihhh sekali, apakah Tuhan juga begitu? ???? Ada sebagian umatnya yg sangat disayanginya,,,adapula yang bukan kesayangannya?????

  46. ditelantarkan, dikhianati, difitnah, ditipu, usaha dihancurkan orang, keguguran,sampai menderita penyakit kelainan bawaan lahir, bedoa terus tiada henti sampai airmata ini kering, dan hati ini membatu sdh tdk bisa merasakan lagi, tiada yg menolong meskipun org tua sendiri, shg org tua yg tersisa tinggal Tuhan Yesusku dan Bunda Maria. Jikalau Tuhanku juga meninggalkanku, tak ada artinya hidup ini, lebih baik cabutlah nyawaku, spy aku tdk lg merasakan kekosongan dlm hidupku.

    • @Dear JTC,

      Saya turut prihatin dan berduka atas kehidupan Anda. Saya hanya bisa menguatkan Anda untuk tetap berteguh dalam iman. Saya yakin kalau Tuhan tidak pernah meninggalkan Anda.

      Hiduplah dengan hidup yang baru. Ampuni kedua orang tua Anda. Jika berkenan, ikutlah retreat penyembuhan luka batin. Pasti Yesus akan menjamah hati Anda. Dan biarlah berkat & suka cita Tuhan hadir dalam hidup Anda.

      Saya akan bantu doa dari sini.

      GBU

  47. aku sejak kecil gagap dan sy dpt bcr pd umur 3thn itupunt dgn tepatah2.aku mlwt ms kanak2ku dgn dihina,ketawai,ditolak,dan di jauhi o/byk org,mrk hanya dtg sewkt ada msl sj.masa sd,smp,sma yg dibilang dgn masa tawa o/anak2 tp aku mlwt nya dgn ketakutan dan penghinaan,tdk ada rasa bahagia sama sekali yg ada hanya rasa putus asa dan ingin mt sj tp pd saat spt itu yesus dtg pdku dan membw ksh dan jamahannya yg sgt indah shg aku dpt melupakan kej yg sgt pahit dlm hdpku slm 17thn tp perlu proses yg sgt lamama u/sy dpt sembuh dr lb ini mungkin prl berthn.pd saat aku pun msh gagap dan srg dihina dan diketawai oleh teman2 dan guru tp aku tau seben lg sy akan sembuh sbb Tuhanku adalah Tuhanku adl YEHOVA RAPHA.AMIn
    tolong bantu dlm doa spy sy sembuh dr penyakit gagap ini atas nama Chs.GBU

  48. Ping-balik: 2010 in review | EMANUEL

  49. LUKA BATHIN!………..
    Bagimana dengan sipenderita yang sudah tidak tahu lagi siapa dirinya?….
    Dan semua kegiatannya harus dibantu orang lain?….
    Apakah kalau kita bawa untuk menghadiri Misa Luka Bathin,ia bisa mengerti apa-apa yang dikatakan pastor nanti?…..kaena ia sudah BLANK?!….apa yang harus kita perbuat dengan orang seperti ini.
    Mohon kepada Ibu,bapak,ataupun saudara2 apa jalan keluarnya untuk mengembalikan memorynya menjadi normal.

  50. saya mempunyai orang tua sejak dari kecil selalu cek cek karena masalah sepele, tiap kali pertengkaran selalu dibarengi kekerasan dalam RT, papa selalu melakukannya pada mama saya, perkawinan ortu kami sudah 26 tahun lamanya dan sampai saya besarpun papa selalu bgtu, apa y harus saya lakukan, saya bingung, karna mama saya skrg sepertiny depresi. dmana saya hrs menemukan tempat penyembuhan luka batin kalo d bandung? trims bgt, mohon bantuannya…..

  51. mohon infonya untuk retret penyembuhan luka batin karena saat ini saya sedang mengalami luka batin itu..makasih atas infonya

  52. Saudaraku yang terkasih,
    Anggaplah ini sebagai surat dariku yang aku tidak tahu akan dialamatkan kemana, yang pasti ada yang masih punya mata tuk melihat, ada yg masih punya telinga tuk mendengar, dan masih ada yg punya hati tuk memperHATIkan sesama, dan mau berbagi rasa.
    Pergumulanku berat, istriku terkena luka batin yg sudah berlangsung sekitar 40 tahun, dan setahun terakhir ini luka itu pecah, da menyembur ke semua kerabat dan keluarga. Ceritanya cukup panjang, singkatnya aku perlu uluran tangan orang lain, bantuan orang lain tuk mengatasi luka batin yg dialami oleh istriku tercinta. Terimakasih, God Bless You, Amin.

    Sutoyo (Metro)

  53. Maturnuwun.

  54. sy juga mengalami luka batin, sy dikkhianati suami sy .. sakit sekali rasanya …rasa hati tidak menentu, sy jd tdk bisa berdoa, tidak bisa berfikir, tdk fokus kerja dll sy tidak bisa berfikir positif … sy terus menyakiti diri sendir karena selalu berfikiran jelek thd suami sy … sy mempunyai kecemasan luarbiasa apabila suami tidak berada disamping sy … hingga sy tidak mempunyai kenyamanan hati … badan sy sampai kurus …
    mohon sharing penyembuhan untuk sy …

  55. saya mengalami suatu kejadian yg membuat saya trauma….dulu aku pernah menjalin hubungan dengan seorang wanita. pacaran selama kurang leebih 4 tahun, tpi akhirnya dia selingkuh dengan laki2 lain…
    dan itu sangat menyakitkan sekali…pada saat saya pacaran dengan dia, saya percaya 100% dengan dia, tpi yah hasilnya seperti itu…
    dan hal ini menjadi mimpi buruk saya ketika memulai suatu hubungan dengan wanita….saya harus mengetahui semua keegiatan pasangan saya, dengan siapa dia bergaul kemana dia pergi dan saya pengen tahu sedetail mungkin, karna saya takut terjadi hal yg sama seperti dulu…..
    tpi aku malah dianggap posesif, cemburuan, dll oleh pasangan saya.
    saya bingung harus seperti apa bersikap. Skrg saya sudah tunangan dan saya akan sangat cemas, gelisah ketika tunangan saya pergi sendiri ketemu teman atau sahabatnya..maunya saya jga ikut dengan dia, biar saya tau…dan ketika dia pergi sendirian, karna saya harus kerja, konsentrasi kerja saya terganggu…dan saya sangat cemas…..saya ga tau harus berbuat apa??karna saya takut gagal lagi…….takut sekali..karna saya sangat menyayangi dia………
    mohon pencerahannya…
    saya sedang galau dan gelisah saat ini..
    Terima kasih banyak…

  56. Saya sering mendengar kalo tiap orang itu punya luka batin. Saya sendiri merasa punya luka batin, karena jujur aja, kadang ada rasa sesak di dada menghampiri yang rasanya ingin saya buang jauh-jauh… saya sendiri mempunyai beberapa dugaan kepada siapa kira2 saya punya luka batin ini..

    tapi saya bingung, gimana caranya mau mengampuni? rasanya sulit, karena sikap mereka pun tidak banyak berubah…

  57. Saya binggung harus bagaimana? saya telah menyakiti orang yang saya cintai lantaran dia orang yang ingin mengajak saya menikah tapi dia suka mengejek saya. saya merasa di lecehkan dan tidak di hormati saya marah dan memakinya dengan kasar. tapi saya menyesal sekali. waktu itu saya hanya ingin berpisah dengan nya. tapi setelah dia jauh dari saya, saya merasa sangat rindu padanya walaupun dia telah menyakiti saya. saya tidak menyadari saat dia di dekat saya.sekarang nasi sudah menjadi bubur. TAPI SAYA PERCAYA TUHAN YESUS SANGGUP TOLONG KEMBALIKAN DIA PADA SAYA. aku pikir dia tidak jelek2 sekali kadang dia baik sama saya, menyenangkan. mungkin saya tidak akan mendapatkan pengganti yang seperti dia. SAYA HARUS BAGAIMANA???

  58. pingin benar benar sembuh,,,,,ingin lebih dekat lagi sama Tuhan,,,setelah merantau dan sibuk mencari keindahan duniawi sedikit mengurangi keharmonisan hubunganku dengan sang Pencipta,,,mohon doanya utk aku,,,Gbu….

  59. Saya praktekkan dgn berdoa BAPA KAMI, secara perlahan2…perkalimat…dgn sepenuh hati mencoba menyelami doa itu per KALIMAT…Sungguh efektif u menenangkan hati dan merasakan kembali KASIHNYA menyapa hati kita yg mulai membeku…membatu….
    Monggo dicoba..

    Salam Damai Kristus u kita semua.
    Salam Damai Kristus.

  60. Salam damai Kristus,

    Meski sy hanya membaca ini utk meluangkan waktu tapi menurut saya ini ada benarnya. Membaca ini saya jadi ingat keraguan dan kebimbangan yang ada di hati saya, karena saya ini orangnya selalu ragu. Saya tdk tau apkh ini bsa disebut luka batin/ tdk, tapi saya slalu merasa salah/ tdk berdaya tiap mw mengambil keputusan n slalu menyalahkan org lain (dan seringnya diri sndiri) atas keraguan saya n masalah yg ditimbulkan oleh keputusan saya.

    Dlm nama Tuhan Yesus sy akan mencoba utk menelan obat pahit yg ditawarkan Tuhan scr murah :) tlg doakan saya agar masalah saya ini cpt hilangnya, amin.

    Salam damai Kristus Tuhan Memberkati

  61. tolong bantu saya dengan doa, agar bisa saya telan obatny meski pahit rasanya. AMIN. Salam kristus juru slamat.

  62. dulu gw di kampung halaman difitnah dan dijelekin tetangga. gw saat msh kecil dijelekin tetangga. tetangga gw bilang ke org2, bahwa gw sngt suka liat kelamin cewek (anak kecil). gw akui itu akibat kesalahan gw. tp kesalahan gw yg gw lakukan saat gw berumur 6 – 7 thn. gw blm tau ttng benar dan salah. krn gw msh kecil. gw suka liat kelamin cewek juga krn cuma heran aja, kok bentuk nya beda dg punya gw. kalau pipis cara nya bgmna? beberapa thn kmdian gw difitnah tetangga. gw dituduh membunuh bayi dg santet. shg tetangga gw keguguran 2x. pdhl dia keguguran krn saat hamil, dia sering pergi jauh. dari purwokerto ke bandung. malahan gw yg dituduh. amit amit. ke dua hal di atas bkin gw dibenci org sampai skrng. dlu tman gw, ortu nya cerai shg hdup dia susah. dia benci kpd gw krn dia iri kpd gw. gw kalau sekolah, olahraga juga jd bhn ejekan teman. gw dianggap cupu. dlu gw merantau ke bandung utk bekerja, di sana juga kacau. gw krja sering dimutasi krn gk becus. gw juga sering dijahati org bertubi tubi. gw dihina, difitnah, ditipu, dipukul dll. gw juga sering ditolak cewek. kmdian pulang kampung malahan nganggur dan jomblo bethn thn. tp gk ada org yg terketuk hati nya utk menolong gw. mrk malah anggap hdup gw enak. tiap hari cuma makan dan tdur. gw bolak balik ke bandung utk nyari krja tp gagal. gw nyoba wirausaha juga gagal. gw nyoba buka usaha kecil kecilan hasil nya gk cukup memenuhi kebutuhan. PUCINX!

  63. Tulisan yang padat dan menarik, terima kasih telah berbagi. Kebetulan saya juga barusan menulis tentang bagaimana sulitnya memperbaiki rasa kepercayaan pasca pengkhianatan. Bisa dibaca di artikel Mempercayai Lagi Setelah Dikhianati, Bisakah?, pasti bisa memberikan edukasi yang berguna dalam perjalanan romansa.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s