Pergi Ke Surga

Aku mendapatkan suatu bacaan yang indah di situs Gereja Katolik yang memuat artikel yang berjudul Misa Kudus dan Kitab Wahyu. Artikel ini adalah saduran dari buku “The Lamb’s Supper” karangan Prof. Scott Hahn. Lebih jauh lagi, artikel ini menguak misteri Misa Kudus (Ekaristi) dan menemukan kunci Kitab Wahyu, yaitu Liturgi. Dan itu berarti menghadirkan surga di bumi ini.

Sri Paus Yohanes Paulus II sendiri pernah menyebutkan bahwa Misa Kudus adalah “Surga di bumi”, dan menjelaskan bahwa “liturgi yang kita rayakan di bumi adalah partisipasi yang misterius dari liturgi surgawi.” Jadi jika ingin pergi ke Surga, silakan hadiri Misa Kudus setiap Minggu di Gereja Katolik.

Terus terang ketika membaca artikel ini, aku jadi rindu untuk ikut Misa Kudus (Ekaristi) dan menyesal mengapa Minggu kemarin tidak ikut Misa. Ketika membaca artikel ini hatiku tersentuh dan ingin rasanya ikut Misa Kudus dengan pemahaman yang berbeda, bahwa aku ikut Misa Kudus bukan karena kewajiban tetapi sebagai wujud kerinduanku untuk ikut serta dalam Liturgi Surgawi dimana Yesus Kristus hadir sebagai Anak Domba Allah, Sang Penebus, Sang Juru Selamat, Sang Pemimpin (Imam) Kekal.

Aduh, maaf jika kesannya munafik, tetapi silakan baca artikel yg aku maksud di:
Misa Kudus dan Kitab Wahyu
Di Surga Sekarang!
Semoga dapat menyentuh hati kita semua.

Catatan dari situs ybs:

Disadur dari buku “The Lamb’s Supper” karangan Prof. Dr. Scott Hahn. Beliau dulunya adalah seorang pendeta denominasi Prebyterian, yang sangat brilian, yang lewat studi Alkitab, percaya bahwa Gereja Katolik sebagai Gereja yang didirikan Yesus Kristus sendiri, tiang dan pondasi kebenaran. Beliau masuk Katolik pada pertengahan 1980-an dan buku-bukunya maupun kesaksiannya merupakan kaset/buku terlaris di Amerika Serikat dan terus menjadi sumber inspirasi bagi mereka yang mengikuti jejak langkahnya ke dalam Gereja Katolik.

45 responses to “Pergi Ke Surga

  1. Emanuel,

    kasihan kamu mencari kebenaran tapi di tempat yang salah. kenapa tidak membaca kitab Allah terakhir yakni AL Qur’an? sebab dialah yang menjelaskan banyak hal yang menjadi perdebatan orang nasrani. Allah tunggal tidak pernah mati dan tidak akan pernah, selamanya. Mengapa aku harus menyesatkan kamu kalau kamu yang benar? ikutilah LAilaha Illallah dalam Islam maka kamu akan selamat dunia akherat. Hidup di dunia ini untuk menyembah kepadaNya dengan cara Nabi Muhammad SAW. Sekian salam sayang sejati.
    wasalam.

  2. AL Qur’an yang ngajarin membunuh sesama manusia? yang boleh nikah sebanyak2nya? muntah deh gue! mending gue gak beragama dari pada percaya tuh qur’an.

  3. “Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.” (Matius 7:15) –> Bertobatlah saudara/i ku umat islam sekalian!.

  4. to orang-orang yang bisa menjawab pertanyaan,
    menanggapi saudara Amir, 12 Des 2006

    saya ingin bertanya pada anda, apa yang menjadi perdebatan orang Nasrani?

    manakah bagian Injil yang mengatakan bahwa Tuhan lebih dari satu dan Tuhan dapat mati?
    sekian, terima kasih

  5. buat amir dan A&O..

    komentar komentar anda jauh dari santun..
    jauh dari adab orang orang yang berdiskusi..
    itu adalah cara cara orang bertengkar,bermusuhan.saling mencela,saling menjelekkan.komentar2 anda egois..dari admin sendiri gimana? apakah anda memihak cara cara seperti ini? kalo memang begitu aku berjanji,gak akan membuka situs ini lagi.aku tidak ingin terbawa untuk ikut saling membenci.

  6. Dear Ivan,
    Maaf jika banyak komentator yang komentarnya jauh dari santun dan beradab. Tetapi Anda juga harus bisa menerima bahwa demikianlah adanya. Banyak manusia yang perlu ditolong dan diselamatkan. Bukannya malah kabur, Anda justru harus merangkul mereka.

    Tetapi jika Anda tidak berkenan dengan situs ini, mohon maaf. Saya justru ingin agar situs ini banyak dikunjungi oleh orang-orang yang kurang santun dan kurang beradab. Justru supaya mereka juga beroleh kasih Allah yang melimpah. Justru supaya agar mereka menyadari dan merasakan bahwa kasih Allah itu luar biasa.

    Mohon baca artikel lain mengenai: “Cara Mengasihi Allah”, Mengasihi Musuhmu”, dan masih banyak lagi yang perlu Anda baca.

    Salam & GBU.

  7. menurut ahli kitab, dulu aku adalah domba yang tersesat.kemudian datanglah mereka dan mengaku suruhan yesus, kemudian berusaha membuatku tidak tersesat. semuanyapun dijelaskan kepadaku, tapi ternyata tak ada satupun yang masuk akal. ke gereja hrus pakaian seksi dengan rok pendek.hm,,,jangan2 pendetanya maniak seks nih. kemudian alkitabnya dapat dirubah sesuai dengan perkembangn zama,iiihh kayak naskah film aja.dan perayaan hari natal dengan pesta miras…hari natal kok dijadikan ajang mabuk2an..hm….akupun berpikir bahwa ini lebih dari tersesat. dan akupun mencari lagi hidupku yang sesungguhnya dan akhirnya kutemukan islam yang sesungguhnya mencintai kedamaian yang universal.dan semua yang ada didalamnya dapat dijelaskan berdasarkan logika dan alquran. berbeda dengan injil “new version” hm..kayak lagunya peterpan aja yang clip version heheheheh pake versi2 segala. alhasi setelah memluk islam akupun bergerilya mencari domba2 yang sengaja disesatkan melalui gereja dan injil new version. akhirnya kurang lebih 20 domba yang terbiasa digereja berubah menjadi manusia yang menghiasi mesjid, di slah satu sudut kota makassar.wahai pemuja injil new version bertaubatlah, berhentilah menjadi domba. jadilah manusia dengan menjadikan alquran sebagai pedoman yang kekal.

  8. asyhadu anlaa ilaaha illa llahu wa asyhadu anna muhammadan rasulullah

  9. Tubuhmu adalah Bait Allah…

    @muhammad matius
    Tidak satu agamapun menganjurkan umatnya berpakaian sexy dan vulgar. Tapiii…. manusia adalah manusia, yang tak lepas dari rasa haus akan pamer, pujian, dll. Memang seharusnya kita berpakaian sopan dan tertutup bila menghadap Tuhan. Janganlah Anda menganggap bahwa itu ajaran agama.

    Tidakkah kamu melihat bahwa di antara kalian sendiripun begitu? Ketika Lebaran semua rapet pet, kerudung ampe hidung gak kelihatan. After that?? Kerudung,jilbab masuk lemari buat lebaran taon depan or disumbangkan aja, tahun depan beli baru. Balik lagi deh mengumbar dada, paha, pantat, dll. Itu yang kelihatan. Yang gak kelihatan: selingkuh sana sini, pacaran lewat batas, korupsi kiri kanan. Toh ntar puasa tahun depan dosa dihapus lagi.

    Kesimpulan: semua tergantung keimanan kita untuk menjalankan perintah agama dan mendekatkan diri pada Allah Kuasa.

    Ingat: kalo kamu percaya bahwa Al Quran yang paling benar, jalankanlah denga benar, ajaklah dulu saudara2mu untuk menjalankan dengan benar, baru boleh ajak yang lain. Tunjukkan bahwa quranmu yang paling benar. Stuju?

  10. @muhammad matius
    Hebat bisa menjaring 20 domba untuk “menghias” mesjid. Butuh hiasan lagi gak? Ada sapi, kebo, buaya, marmut, dll. Oya, aku punya rabbit 2 ekor, mau?

    Mbok ya kalo mo cari pengikut tak usahlah menjelek-jelekkan yang lain. Ntar kualat, lho? Kayaknya kamu masih jadi domba yang tersesat? Tunggulah kedatangan Gembala yang Paling Benar, maka kamu akan diselamatkan.

    Salam gajah, hehe….

  11. Dear Muhammad Matius,
    Luar biasa. Anda berhasil menyesatkan domba-domba itu.

    Dear Mbak Pipit,
    Setuju banget…

    Semoga Tuhan beserta kita.

  12. Ya?jangan salimg menyalahkan?Semua agama mengajarkan baik,tp diantara yang baik pasti ada yang lebih baik?Ya itu al-Qur’an.Al-Qur’an bs melalui pendekatan apa saja?Dari sejarah okey,dari filsafat n sastra juga okey,bahkan ilmu pengetahuan mengakui Kebenaran Al-Qur’an,bahkan sampai pada saat ini Al-Qur’an tidak berubah sedikit pun.Hebat kan!!!!!!!!!!!!!aq percaya ma Injil,karena di Al-Qur’an injil di akui,tp bukan kitab Injil yang sekarang,karena di kitab Injil udah banyak perubahan2.(Di Injil barnabas)Ketika NAbi Adam berdiri di Bumi,menatap langit dan melihat Kalam yang berkilau2an n bercahaya terang n seraya bertuliskan ‘Tiada tuhan selain Allah dan satu utusan makhluk yang terpuji(Muhammad)’.Nabi Adam pun sempat berkata syahadat,kenapa anak2 n cucunya gak mau ngucapin syahadat.Bayangkan pabila kitab Al-Qur’an keliru kenapa masih tetap abadi sampai sekarang.

  13. kenapa kita harus menjelekkan satu sama lain hanya untuk memberitahukan sifat dan keburukan kita masing – masing🙂 hidup akan lebih indah dalam kebersamaan menghargai satu sama lain. pada dasarnya manusia selalu membela diri dari hal yang kiranya kurang berkenan terhadap diri kita. janganlah memaksakan kehendak kepada satu sama lain dengan segala contoh perbuatan dari kita yang lom tentu orang lain menerimanya sebagai pembenar atas apa yang kita yakini. akan lebih bermanfaat bilamana kita semua dapat belajar untuk tahu dari agama kita apa yang kiranya kurang mengena dihati kita dengan penuh tanda tanya dan mencari jawaban untuk memenuhi kebutuhan bathin / rohani kita, dengan begitu kita bisa mencari kebenaran sejati, toleransi satu sama lain, sudah sepantasnya lah bilamana kita sudah merasa paling tahu mengenai keyakinan yang kita anut untuk tidak dijadikan pembanding dengan segala keburukan dan kelebihan agama yang lain. menurut saya sejati kebenaran sejati adalah sesuatu yang diterima oleh hati dan dan dapat dijalan kan dengan penuh keikhlasan. tanpa memaksakan atas kehendak pribadi / agama kita kepada orang lain. mari belajar bersama mencari kebenaran sejati tanpa melukai hati🙂
    mari bersinergi membangun toleransi agama🙂
    bagimu agama mu, bagiku agama ku🙂
    maaf atas segala tutur kata yang kurang berkenan🙂

  14. Biasanya orang yang menganggap dirinya pintar sesungguhnya dialah yang paling bodoh. Kepada temen2 kristiani janganlah kita terpancing oleh pertanyaan yang sudah jelas-jelas ada jawabannya dalan Injil. Jadi kalau temen2 non kristen pingin belajar ajaran Kristus silahkan beli Injil digramedia a/ ditoko2 buku lainnya. Injil sekarang dan yang dulu tetap sama. Saran saya kalau baca berdoa dulu biar roh kodus bekerja dalam hati orang percaya, tetapi kalau kamu membaca dengan hati setan lebih baik jangan. Karena kamu tidak akan pahami isi dari Injil, taukan pikiran setan?? Pasti cuman mencari celah untuk menghasut manusia. Tetapi jika kamu bermaksud bukan mempelajari tetapi memamerkan agamu saja lebih baik tidak usah deh repot2 baca.

    Thank’s..

  15. “Berbahagialah kamu apabila orang menghina,menganiaya,dan menfitnah kamu karena kamu pengikut-Ku”. Tuhan menyertai kita sehingga akhir zaman. Amen.

  16. 1 hal yang mau katakan di sini

    Apa anda semua da mengimani masing2 kepercayaan anda masing dengan baek dan benar?

    Di sini siapa yang tak berdosa silakan mencela semua agama yang ada di dunia ini.
    Dunia ini sekarang adalah menghargai dan menghormati semua umat beragama dan kepercayaan tanpa merugikan org banyak.
    Yg mau saya tanyakan seberapa kasih anda ke orang laen saat ini?
    (jawab aja sendiri)
    Trmasuk juga pada saat banjir atau bencana ataupun sekliling anda yg membutuhkan termasuk tetangga ada yg paling dekat sudahkah anda membantu mereka??
    Ada pepatah Kuman di seberang kelihatan gajah di depan mata tak kelihatan. Maaf kalau ini agak kasar.
    Di sini aku cuma mau tekanankan bahwa di sini kita mendingan memberi kasih dan melayani dari pada membahas serta bertengkar.
    Jadikan kitqa menjadi cermin agama kita dan kepercayaan kita masing2.Jika anda anggap agama anda yg terbaik jadikan anda teladan dalam agama anda.Apapun itu lakukan dengan kasih tanpa kekerasan dengan membantu sesama kita.
    Terima kasih

    Love Never Die.Tuhan memberkati

  17. Ingat!!! Darah kita sama, tulang kita sama tapi iman kita berbeda, jadi teman-teman kita harus sadar dan tahu diri, seandainya agama yang kita imani itu benar, kitapun harus tunjukkan kebenaran itu dari diri kita sendiri dulu baru kita bisa berikan kesaksian hidup kita ke orang lain, kalau temen-temen mempunyai sikap seperti itu dan terbukti dapat menjadi terang dan garam dalam kehidupan teman-teman di dunia maka aku punya pendapat apa yang dikatakan oleh Karl Marx (komunis) itu sangatlah salah besar bahwa “agama itu adalah candu bagi manusia” hingga agama tidak dipandang lagi sebagai fungsi dari kasih dan kedamaian manusia di dunia ini tapi sebagai penghancur moral manusia akan sesamanya. Ingat juga Islam maupun Kristen dapat bertahan dan menjadi pedoman hidup manusia sampai saat ini itu karena Tuhan Yang Maha Esa telah memberkatinya satu sama lain, berasal dari kulit yang sama (Timur Tengah)dan kebudayaan yang tidak jauh berbeda. dan sama-sama dari keturunan Abraham/Ibrahim, jadi lebih baik kita buang jauh-jauh ego kita, jangan sampai menjadi boomerang yang mengakibatkan perselisihan dan saling menjelek-jelekkan satu sama lain hingga dalam kenyataannya masih terjadi sampai saat ini lewat organisasi2 atau golongan2 yang aku bisa bilang bersifat fanatisme. Terakhir “bila kita tidak mau disakiti, janganlah menyakiti”…”kasihilah sesamamu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri” Terima kasih
    NB: mending teman-teman cari jalan keluar bersama tentang bagaimana seharusnya dalam begitu banyak bencana atau musibah yang menimpa negara tercinta ini mencari jawaban untuk meningkatkan nasionalisme dan mengembalikan kembali intensitas pancasila sebagai ideologi bangsa kita yang sangat erat akan solidaritas dan toleransi beragama, itu adalah awal maka kedamaian dan ketentraman akan terwujud

    Cinta Tuhan bukan cinta setan

  18. Tuhan Yesus, Bapa di surga or Allah????
    mana yg bener nih?

  19. Tiada Tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad S.A.W adalah utusan-Nya

  20. Joy saya sudah kenal siapa Yesus, saya juga sudah kenal siapa Bapak di surga itu. saya sarankan kamu kirim email ke aku biar kita bisa diskusi tentang hal itu. biar kamu tiadak jadi bingung lagi dan dapat melihat kebenaran yang selama ini telah disalah gambarkan oleh orang-orang yang mengaku Kristen.

  21. Joy bisa kirim email ke rewino_rewin@yahoo.com. saya tunggu ya. buat teman2 yang laen boleh juga ko…

  22. Untuk menjawab semua itu ,yang kita perlukan adalah bahwa Kuasa Kasih Allah ada pada kita semua,karena hanya itulah kebenaran sejati dan kuasa sejati yang telah dibuktikan mengalahkan cobaan-cobaan pada diri Yesus setelah Yesus selesai berpuasa 40 hari oleh kuasa kegelapan.OK ?GBU ALL

  23. Sebagai pemungkas mengenai idem dito. Kami yakini bahwa Yesus atau Isa adalah Nabi yang dimuliakan Allah. Inti ajarannya adalah Tauhid. Mengakui Tuhan Satu (Esa). Tidak terdapat dalam Injil, bahwa Yesus mengaku dirinya sebagai Tuhan atau anak Tuhan. Dalam injil banyak terdapat ungkapan *Anak Tuhan*, itu adalah simbolik dan bukan anak Tuhan sebenarnya. Kalau orang baik dan shaleh dikatakan anak Tuhan dan kalau orang tersebut jahatnya tidak ketulungan dikatakan *anak setan*, Kalau terdapat ajaran ajaran yang tidak dapat diterima oleh Umat Islam dan tidak dapat diterima oleh akal, maka itu adalah ajarannya Rasul Paulus dan Bapa2 Gereja terdahulu. Seperti 1 + 1 + 1 = 1, Dosa warisan (kasihan bayi yang meninggal sebelum dibaptis, tempatnya di neraka) dan *pipi kiri ditampar berikan juga pipi kanan untuk ditampar (apakah ini memang diucapkan Yesus? Karena Injil sekarang ini serupa dengan hadist bagi umat Islam (berisi ucapan dan tindakan Nabi). Karena dalam Islam ada ilmu dalam menyeliki hadist. Pengantar, penyampai harus diseliki pribadinya, berapa penyampainya. Bila penyampai itu tidak dapat dipercaya, maka hadis tersebut ditolak. Apakah penulis injil tersebut dapat dikatakan tidak dapat dipercaya. Banyak satu kejadian kabarkan secara berbeda. Kalau ada satu peristiwa diberitakan secara berbeda, dapat disimpulkan bahwa salah satu berita tersebut adalah bohong atau kedua keduanya bohong. Ssdang dalam ajaran Kristen tidak terdapat ilmu sepertu itu, yang penting *percaya* Gitu lho…

  24. Marilah kita menjalankan apa yang kita yakini / imani tanpa menghina ajaran sesama kita yang berbeda. Dan jika kita ingin menyebarkan ajaran kita lakukanlah dengan kasih yang murni. Namun jangan pernah paksakan apa yang kita yakini kepada sesama kita. Manusia punya kebebasan untuk memilih, dan kita harus menghormati itu. Sehebat apapun kita, Sepandai apapun kita, Memiliki iman sebesar apapun kita, numun jika kita kita tidak mempunya KASIH itu tidak ada faedahnya. Ingat pesan terakhir Tuhan Yesus kepada murid-muridNya : “Hendaklah kamu saling mengasihi satu dengan yang lainnya”. Dengan menghormati keberdaan orang lain yang berbeda dengan kita berarti kita sudah mengasihi mereka. Dengan mengasihi mereka berarti kita sudah mengasihi Allah dalam Kristus karena kita kita telah melakukan apa yang difirmankanNya.

    Marilah kita saling mengasihi.

  25. D'flouph n D'blezz

    Yoi..yg pentink gw ttep prcaya bhwa Yesus Kristus tlah mati di kayu salib dan Ia bangkit di hari yg ke-3 dan menampakkan diri-Nya kpada smoa orang pada saat itu..Dan skarang Ia telah berada di sorga..duduk di sebelah kanan Allah Bapa..dan nanti di dimana Ia kan datank ke bumi ini untuk meghakimi smoa manusia & Ia akan menjemput kita smoa orang2 yg percaya pada-Nya..biarlah iman kita ini ttep bertumbuh & slalu dpat menyenangkan hati-Nya..AMEN..!
    Jesus Christ bless all…………(^_6)’

  26. ALLAH itu Maha Kudus sedangkan seluruh manusia di muka bumi ini telah berdosa, otomatis juga manusia telah hilang kemuliaan dan kehormatannya serta jauh dari hadapan ALLAH. Namun, oleh karena ALLAH begitu mencintai umat manusia maka Dia mempunyai rencana yang indah untuk mengembalikan kehormatan dan kemuliaan manusia pada kedudukan yang sebenarnya sehingga manusia bisa dekat dengan Dia, dan untuk mendekatkan manusia dengan Dia, maka terlebih dahulu harus ada Perdamaian antara ALLAH dan Manusia. Dan untuk Perdamaian itu ada harga yang harus di bayar, yang menjadi syarat mutlak, sebab jika tidak demikian cepat lambat Murka ALLAH pasti dijatuhkan atas seluruh umat manusia di muka bumi ini. Karena Kemurahan ALLAH begitu besar atas manusia maka Dia sendiri menyediakan Korban untuk Perdamaian itu, sehingga manusia yang menerima Perdamaian dari ALLAH itu pasti akan selamat dari HukumanNya yang dahsyat. Dan untuk itu, Anak Tunggal ALLAH dari Surga siap menerima Tugas dari ALLAH, BapaNya, yaitu mengenakan tubuh manusia diatas muka bumi ini dan menjadi Korban Perdamaian yang berkenan kepada ALLAH, BapaNya. Sehingga Murka ALLAH tidak lagi dijatuhkan atas manusia melainkan sudah dijatuhkan pada Anak ALLAH, di Kayu Salib. Oleh karena Anak ALLAH itu telah berhasil menjalankan TugasNya dengan baik, maka mulai saat sekarang, setiap manusia yang percaya kepada Anak ALLAH dan kepada KorbanNya itu tidak akan binasa dan tersiksa dalam lautan api dan belerang , melainkan beroleh Hidup yang Kekal dan Berkelimpahan mulai dari sekarang di bumi ini sampai masuk di Surga, sampai selama-lamanya…….dan Anak ALLAH itu bernama Yesus Kristus.

  27. Salam kenal dan damai…

    Sudahkah saudara-2 umat Kristen mengetahui tentang sejarah dan cara penyebaran agama Kristen, terutama diabad pertengahan (11~13).
    Dan siapa yg menyebarkan dan bagaimana cara agama Kristen masuk Indonesia ???

    Salam perdamaian.

  28. @Dear Edi,

    Penyebaran agama Kristen dilakukan oleh Zendeling Belanda. Sedikit tentang kisahnya dapat divbaca di: http://id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Reformasi_Belanda

    Tetapi mungkin referensi ini masih belum cukup lengkap. GBU

  29. Salam Damai.

    Mas Dewo,
    Sudahkah mas Dewo membaca sejarah penyebaran Kristen pada abad pertengahan (11~13) dimana Paus mendendangkan Perang Salib yang bersambut mesra dengan ketamakan dan kerakusan imperialisme barat.

    Tahukah saudara bahwa di zaman itu, peradaban timur berada dalam tahap kegemilangan dalam segala bidang berkat Islam, dan sebaliknya Eropa tenggelam dalam kegelapan dan kezaliman. Bahkan di peradaban timur saat itu, Islam dan Kristen Timur {yg kemudian disebut dgn kristen ortodok oleh Kristen Barat (Roma)} serta Yahudi hidup dalam kerukunan dan peradaban yg tinggi.

    Perang Salib merupakan hasil pemikiran para pemimpin gereja, pemimpin Eropa, serta misionaris yang menentang Islam. Ketamakan masyarakat barat tersebut membuat mereka berambisi merebut kekayaan, ilmu pengetahuan serta peradaban umat Islam dengan cara menimbulkan fanatisme terhadap agama dan keinginan untuk menaklukkan Baitul Maqdis, dan membebaskan pemakaman suci di sana.

    Tahukah saudara, tidak hanya Islam saja yg menjadi korban kekejaman dan ketamakan barat itu, tetapi Kristen Timur {yg justru memegang teguh ajaran Isa (Yesus)} serta Yahudi ikut menjadi korban. Bahkan banyak Yahudi yg dilindungi oleh Gereja Kristen Timur, tetapi Kristen Roma, serta kaum imperialisme tidak pandang bulu, mereka semua dibantai tidak terkecuali umat Kristen sendiri.

    Dimanakah Kristen Timur sekarang ? Meneketehe !!

    Dan setelah masa Perang Salib, ketamakan Barat tidak juga terpuaskan dan bersambut pula dengan misionaris Kristen untuk merebut dan menindas peradaban Timur dan tidak terkecuali Indonesia.

    Sepanjang perang Salib dan sesudahnya, mereka mulai merusak citra Islam dan menanamkannya di kalangan orang-orang Kristen. Pandangan tentang Islam yg keliru tersebut berlanjut hingga abad ke-19 bahkan masih bisa dilihat sampai sekarang.

    Begitulah singkat sejarah yg saya baca.
    Jika ada yg kurang atau sedikit kesalahan mohon dimaafkan (Maklum sudah agak lama saya bacanya).

    NB :
    Saya membaca sejarah tersebut bukan dari pengarang bersudut pandang Muslim saja tetapi dari sudut pandang Kristen dan juga yg benar-2 Sejarawan (Atheis).

    Salam
    Edi

  30. Sedikit tentang Alkitab, untuk temen-temen yang belum tau Alkitab

    Alkitab berisi banyak kitab, diawali dari kitab kejadian diakhiri oleh kitab wahyu. Dibagi dua periode, perjanjian lama dan [erjanjian baru. Intinya cuma satu: karya penyelamatan manusia dari dosa oleh Yesus Kristus.

    Perjanjian lama menceritakan awal mula kejatuhan manusia kedalam dosa, sehingga perlu diselamatkan. Juga tentang sejarah bangsa Israel yang dari padanya akan muncul Juru Selamat. Di perjanjian lama juga banyak nubuat tentang janji keselamatan yang akan diberikan kepada manusia.

    Perjanjian baru adalah penggenapan janji Allah itu. Di perjanjian lama Allah memiliki ketetapan bahwa untuk menghapus dosa perlu ada korban sembelihan (domba, lembu, burung merpati). Namun korban ini tidak dapat dengan sungguh menghapus dosa karena mereka hanyalah lambang. Maka Allah sendiri menjelma menjadi manusia (karena manusia perlu nama untuk membedakan dari manusia lain, maka diberikanlah nama Yesus kepada manusia itu, yaitu nama Allah sendiri) untuk menjadi korban penebusan dosa. Disini terlihat bahwa Allah sangat konsisten dengan ketetapannya sendiri.
    Maka hanya melalui darah Yesus saja dosa manusia dapat dihapuskan. Kurban yang dijalankan umat muslim hanya meneruskan ketetapan di perjanjian lama, sehingga sangat disayangkan kurban tersebut sia-sia belaka.

    Alkitab ditulis dalam rentang waktu ribuan tahun, oleh banyak orang, namun tetap memiliki konsistensi isi. Hal ini hanya dapat terjadi karena sesungguhnya Alkitab bersumber dari satu sumber, yaitu Allah sendiri.

    Tentang penjelmaan Allah menjadi manusia perlu ditegaskan, walau pun Allah menjelma menjadi manusia bukan berarti di surga tidak ada Allah. Ingat bahwa Allah adalah Roh sehingga tidak terikat ruang dan waktu. Yesus adalah benar-benar manusia karena memiliki darah dan daging. Ia lapar, haus, letih, ketakutan, kesakitan, mati (jadi yang mati adalah badan jasmaniah, bukan Rohnya). Dan Yesus adalah benar-benar Allah karena Roh yang ada padanya bukanlah roh manusia, melainkan Roh Allah sendiri. Ia memiliki kuasa atas penyakit, kuasa atas alam semesta, kuasa atas iblis, kuasa atas kematian (Ia bangkit dengan badan jasmaninya pada hari kematiannya yang ketiga).

    Tentang Roh Kudus yang diutus kemudian lagi-lagi perlu ditegaskan bahwa Roh Kudus adalah Roh Allah sendiri, adalah Roh yang ada dalam diri manusia Yesus (sehingga disebut juga Roh Yesus). Sehingga anggapan bahwa umat Kristen memiliki tiga tuhan adalah salah kaprah atas dasar ketidaktahuan. Dan pemeo 1+1+1=1 adalah salah, seharusnya satu=siji=one.

    Kiranya yang sedikit ini bermanfaat.

  31. Untuk saudara Edi

    Sejarah adalah catatan kehidupan manusia di muka bumi. Memang sangat baik mempelajari sejarah karena dari situ kita bisa belajar banyak tentang kehidupan. Dari sejarah yang Anda pelajari sangat terlihat ketamakan manusia, yang mengatasnamakan agama telah menindas orang lain. Tapi jika Anda sungguh-sungguh merenungkan, betulkah agama yang mengajarkan manusia untuk melakukan hal itu? Saya yakin Anda bisa berkata: Bukan. Jadi rasanya Anda perlu memperbaiki sudut pandang Anda dalam melihat sejarah karena tampaknya Anda menggunakan sejarah sebagai alat untuk menilai pihak tertentu.

    Jika Anda sangat benci ketamakan (begitu yang saya tangkap dati komen Anda) dan ingin memeranginya, mulailah dari sekitar Anda. Ajaklah orang-orang di sekitar Anda untuk tidak korupsi, kolusi, manipulasi, sogok-menyogok, sikut-menyikut, rebutan jabatan, rebutan proyek, rebutan makanan saat kenduri, dll.

  32. To Mas Dewo

    Di Alkitab ada sebutan surga adalah perhentian kekal, dimana di surga manusia berhenti dari semua pekerjaannya dan hanya memuji Tuhan selama-lamanya. Dan memang, sesungguhnya Tuhan telah menetapkan satu hari di bumi sebagai hari perhentian, dimana manusia boleh berhenti dari pekerjaannya sehari-hari untuk beribadah kepada (memuji) Tuhan. Hari itu adalah hari peringatan akan penciptaan, dimana pada hari itu Tuhan berhenti dari pekerjaan penciptaan dan memberkatinya. Hari itu juga adalah pengharapan akan perhentian yang kekal. Dengan beribadah pada hari itu berarti kita seperti di surga: tidak melakukan pekerjaan kita dan memuji Tuhan. Dengan beribadah pada hari itu berarti kita memperingati karya penciptaan Tuhan yang luar biasa (mengakui bahwa Tuhan adalah pencipta kita), dan mengimani janji Tuhan akan kehidupan kekal di Surga.

    Saya percaya bahwa hari itu adalah hari ketujuh, hari sabat, hari sabtu (merujuk kepada Alkitab dan adat Yahudi yang tidak berubah bahwa sabat adalah sabtu, tapi saya tidak memegang sabat seperti umat Yahudi). Kenapa hari sabat? Bukankah itu adat Yahudi? Perlu diluruskan bahwa hari sabat sudah ditetapkan Tuhan sejak penciptaan, dimana pada hari penciptaan ke tujuh Tuhan berhenti dari pekerjaan penciptaan, memberkati dan menguduskan hari itu. Jadi sejak semula TUhan sudah mempersiapkan hari sabat bagi umatNya, jauh sebelum bangsa Israel muncul. Karena kemudian Tuhan memilih bangsa Israel sebagai umat pilihan, maka Tuhan ingin agar bangsa Israel memegang sabat dan menetapkannya dalam hukum taurat. Lain cerita jika dahulu Tuhan memilih bangsa Cina sebagai umat pilihan, tentu sabat akan dipegang oleh bangsa Cina (mungkin diatur dalam hukum Sen Tze :)).

    Nah, karena sekarang kita umat Kristen adalah umat pilihan di jaman perjanjian baru, sudah selayaknya kita mendapat berkat hari sabat itu. Bukan sabat adat Yahudi yang mengikat, melainkan sabat yang membebaskan, yang Tuhan berikan pada umatNya: berhenti dari pekerjaan (membebaskan dari pekerjaan) dan beribadah kepadaNya untuk mendapatkan berkat surgawi; seperti yang dicontohkan oleh Tuhan Yesus dan murid-muridNya.

    Itu adalah yang saya imani berdasarkan rujukan Alkitab. Tentang ibadah pada hari minggu itu berpulang pada iman masing-masing, yang penting kita menjalankan iman kita kepada Tuhan sebaik-baiknya.

    Saya sangat setuju dengan ungkapan mas Dewo bahwa jika kita mau merasakan surga, pergilah ibadah. Tapi kita dapat merasa bahwa ibadah itu seperti di surga hanya jika hati kita sungguh-sungguh mau merasakannya, didasari oleh pengertian yang dalam akan makna ibadah (untuk ini saya masih perlu terus belajar).
    Sebab jika kita menjalankan ibadah hanya sebagai kewajiban, niscaya kita ogah pergi ke surga, karena surga akan sangat membosankan.

    Salam

  33. Salam Damai,

    Mas Dewo,
    He he he … begitu ya mas …
    Saya setuju dengan anda bahwa agama pasti tidak mengajarkan itu. Saya juga tidak memperalat sejarah untuk menilai pihak tertentu.

    Hanya saja,
    1. siapa, latar belakang, motivasi pelaku sejarah
    2. bagaimana terjadinya suatu peristiwa
    3. apa yang telah dihasilkan oleh sejarah
    4. akhibat-2 timbul dari peristiwa sejarah
    adalah sesuatu yg pantas untuk kita pelajari.

    DAN: Adakah sesuatu yg tidak tertulis dibuku sejarah karena pelaku sejarah sendiri tidak menghendakinya ?? Sebagai alasan sebuah pembenaran…!!!

    Salam
    Edi

  34. Salam Damai,

    Mas Dewo,
    Siapakah yg mengumandangkan perang itu ???
    Apa kedudukan dia, bagaimana hal itu ditinjau dari dogma Infalibilitas Paus dan Gereja …!!!
    Bagaimana posisi dan kedudukan sebuah pernyataan yg dikeluarkan oleh Paus dalam Katolik ??
    Pernyataan dan peraturan apa saja yg telah dikeluarkan oleh Paus-Paus yg terdahulu ?, dan apa akibat yg sudah ditimbulkannya ?? (seperti contohnya, merebaknya penyakit pes di Inggris karena pembantaian kucing besar-2an : karena apa??)

    Dahulu, Alkitab tidak boleh dimiliki, dan dibaca oleh kalangan umum. Karena apa ??? dan Apakah akhibatnya ??

    Carilah jawaban yang obyektif atas semua itu ??

    Dengan ini saya mengucapkan terima kasih yg sebesar besarnya kepada saudara-2 semua terutama mas Dewo yg telah sudi menjawab pertanyaan-2 saya. Saya juga minta maaf jika ada tulisan saya yg menyinggung perasaan saudara-2. Karena bukan maksud saya untuk seperti itu. Itu semua karena saya ingin mengajak anda semua untuk menelaah lebih jauh tentang yg kita masing-2 yakini.
    Dengan cara tidak hanya menerima doktrin dan mencari sudut pandang yang lain, karena tidaklah mungkin kita bisa melihat punggung kita tanpa bantuan kaca atau mata orang lain.

    Apakah kita semua yakin dan percaya dengan agama kita masing-2 dengan segenap pengetahuan kita ???
    Atau itu hanya warisan belaka, atau doktrin dan keharusan saja !!!

    Untuk selanjutnya, saya mengundurkan diri dari forum ini entah untuk berapa lama.

    Terima kasih
    Salam
    Edi

  35. @Dear Edi,

    Saya rasa Anda mengomentari Sdr. Elkosith bukan saya. Saya cuma meluruskan bahwa Anda sebenarnya sedang berdialog dengan Sdr. Elkosith.

    Salam.

  36. @Dear Elkosith,

    Terima kasih atas pencerahannya. GBU.

  37. To Saudara Edi

    Betul kata Mas Dewo, sayalah (elkosith) yang mengomentari komen Anda.
    Apa yang kita pelajari sangat erat kaitannya dengan pola pikir kita. Pola pikir yang membuat kita mau mempelajari sesuatu. Sebaliknya, apa yang kita pelajari sangat mempengaruhi pola pikir kita. Yang Anda pelajari adalah peristiwa sejarah yang didalamnya mengandung banyak kontroversi. Kebetulan yang terlibat dalam peristiwa tersebut adalah dua golangan yang memiliki kaitan dengan diri kita pada masa kini. Maka dengan sendirinya pandangan Anda terhadap peristiwa ini akan dipengaruhi oleh tempat (golongan) dimana Anda berada. Hal ini wajar saja. Akan tetapi Alangkah baiknya jika kita dapat melihat sejarah dari posisi orang ketiga yang tidak memiliki hubungan dengan peristiwa tersebut (seperti nonton bola di TV tanpa memihak). Jika Anda dan saya dapat melakukan demikian, maka ajakan untuk mencari jawaban dengan obyektif baru dapat dilaksanakan. Jika kita masih membawa pola pikir tertentu percuma saja dibahas, karena tidak akan pernah mendapat titik temu.

    Salam.

  38. To Mas Dewo

    GBU too

  39. Salam Damai

    Untuk Elkosith

    “Maka dengan sendirinya pandangan Anda terhadap peristiwa ini akan dipengaruhi oleh tempat (golongan) dimana Anda berada”

    Ketahuilah, dengan pernyataan tersebut, anda telah mem-vonis saya. Sementara anda tidak tahu tentang latar belakang saya. Apakah anda tahu saya dari golongan apa terutama saat mempelajari sejarah itu?, apa yg telah saya temukan, dan apa pandangan saya sekarang ?

    “Akan tetapi Alangkah baiknya jika kita dapat melihat sejarah dari posisi orang ketiga yang tidak memiliki hubungan dengan peristiwa tersebut (seperti nonton bola di TV tanpa memihak). Jika Anda dan saya dapat melakukan demikian, maka ajakan untuk mencari jawaban dengan obyektif baru dapat dilaksanakan. Jika kita masih membawa pola pikir tertentu percuma saja dibahas, karena tidak akan pernah mendapat titik temu.”

    Kenapa tidak anda lakukan itu ?? Bukankah pada posting saya diatas sudah saya jelaskan bahwa saya tidak hanya membaca sejarah dari satu golongan saja…!!!!!.

    Apakah anda menganut kepercayaan anda yang sekarang dengan begitu saja, menerima apa adanya tanpa mempelajari asal-usulnya. Dan sudahkah anda pelajari ajaran yang lain (sebagai pembanding).

    Bagaimana anda mengatakan satu makanan itu paling enak jika anda tidak pernah tahu rasa makanan yang lain ??? Atau bahkan mungkin (maaf) anda juga tidak tahu dari bahan apa makanan yang anda katakan paling enak itu..!!! Mungkinkah anda tahu kalau makanan itu mengandung racun ???

    Anda akan tetap menerima apa adanya atau anda memilih untuk mempelajarinya, itu terserah anda ??? Jika anda memilih untuk mempelajarinya, ingatlah pertanyaan dan pernyataan saya di posting sebelumnya.

    Sekedar Saran :
    Jika anda berdiskusi/berdebat tentang sesuatu dengan teman anda (yang berpendapat/berpandangan sama), cobalah tempatkan diri anda seolah bersebrangan pendapat dengan teman anda dan pertahankan pendapat anda dengan sungguh-2. Saya yakin, anda akan mendapatkan lebih banyak dari teman diskusi/debat anda.
    Dan anda akan mendapatkan sesuatu yang jauh lebih banyak dari pada jika anda dan teman anda tetap berdiskusi dengan pendapat yang sama.

    Salam
    Edi

  40. Ya Bapa Ampunilah mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat..Kasihilah musuuhmu teman2ku..bila ditampar pipi kiri berikan jiga pipi kananmu..Itu salib kita n janganlah kamu membalas dengan kejahatan jug tapi dengan kasih teman2ku karna Bapa di Surga tidak menginginkan pertikaian tapi kedamaian..

  41. saya telah banyak komen di blognya mas dewo…
    Setelah sekian banyak komen dari temen muslim yang mengutarakn kelogisan2 dengan alasan yang masuk akal, mas dewo ternyata tetep keukeuh dengan dogmanya tanpa pernah meninjau sisi logisnya. Sedang setahu saya dogma di islam begitu kuat dan kental, nggak kalah sama kristen tetapi mereka tetap berani bermain dengan logika. itulah kesan saya ketika membaca komen2 di blog sampeyan mas dewo. mangga open mind mas dewo, jangan berkutat dengan dogma sampeyan thok…mas PR anda mencari Sabchtani dan avaztani.. meninggalkan atau membantai.. itu “utang” sampeyan sama temen2 yang komen di sana.

  42. hahaha… kok manusia senangnya gontok-gontokan ya… semua agama itu benar tidak ada yang salah kok… yang berbeda itu kan teologi dalam agama tersebut, seperti teologi Islam berbeda dengan teologi Kristen dan sebagainya. selain itu, bagaimana pun juga kalian kan manusia dimana dihadapan Tuhan atau Alloh itu sama, diciptakan oleh Tuhan atau Alloh. betul atau betul?

    berkomentarlah yang cerdas ga usah dirinya merasa benar. emangnya kalian TUHAN? yang bisa menilai itu benar atau salah kan TUHAN? ikuti aja petunjuk dan perintahNYA.

  43. Betul Happy.
    Allah yang disembah oleh saudara kita yang muslim, diakui sebagai Allah Abraham (Ibrahim menurut agama islam), sementara Allah yang diakui oleh saudara kita yang kristen juga adalah Allah Abraham (Ibrahim menurut agama islam). Jadi yang membedakan adalah ideologinya. Yang satu mengidolakan Mohhammad sebagai nabinya dan yang lain mengidolakan Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Siapa yang benar atau salah akan berhadapan dengan Tuhan Allah disurga. Penghakiman adalah hak Tuhan Allah disurga dan Tuhan Yesus Kristus saat Hari Penghakiman nanti. Kita manusia tidak berhak untuk menghakimi. Untuk saudara kita yang kristen, pesan saya supaya kembali ke Injil untuk tidak menghakimi dan mengasihi musuhmu. Banyak ayat yang bisa dibaca untuk menyejukkan hati ketimbang menuruti keinginan daging untuk membela diri (kepercayaan).

    Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku daripada kamu (Yoh 15:18)

    Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah (Yoh 16:2)

    Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar sebagai domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka…(Matius 7:15-16)

  44. Pencucian otak bagi muslim agar jangan masuk neraka karena mengikuti jalan tersesat Muhammad dan Al Quran ciptaan bangsa Arab.

    Hanya Isa anak Maryam yang langsung masuk syurga karena dia suci, baca Quranmu >>(Maryam, 19:19)

    Dan mengapa Muhammad tidak dapat masuk syurga..? karena dia najis geng perampok di Khaybar.

    Isa Almasih yang terkemukah didunia di akhirat ada dalam quranmu, (Al.Imram 3:45)

    Kalau Muhammad terkecil dan seorang penipu ulung dari Arab, dan jalan menuju keliang kuburan Medinah.
    Jalan yang lurus; (Al Ratihah 1:6)

    Indianash Shiraathal Mustaqiim ; inilah jalan yang lurus Isa Putra Maryam. Kalau Muhammad jalan menuju ke neraka.
    Kasihan umat islam penghuni neraka jahanam.

  45. Agama adalah hubungan kita pribadi dgn Tuhan,
    gw setuju bgt ma Michael.

    Hai sodara yg beragama Kristen atau Katolik.
    Bila kita benar2 berhikmat, hendaklah kita berpakaian kasih dan berjubah kerendah hatian.
    Karena dengan cara itu kita mnunjukkan pada dunia, bahwa kita murid Yesus.

    Sebab tak ada hukum yg menentang kasih, tetapi dalam kasih kuasa Allah, dan mujijatNya nyata bagi kita.

    Janganlah kita dengan lidah memuji Allah, namun dengan lidah yang sama pula kita mengutuki manusia yang diciptakan serupa dengan Allah sendiri.
    Biarlah lidah kita hanya untuk memuji Tuhan dan memberi berkat.(bagi musuh2 kita)

    Sebab bila kita membuka diri pada roh2 yg bukan dari Allah (kemarahan, harga diri dan mengutamakan diri sendiri), iblis yg akan masuk & menghancurkan kita dan memberi kutuk sakit penyakit, kemiskinan pada kita.

    Ketika gw sendiri mencoba bener2 nerapin kasih dan kerendah hatian di tiap sisi hidup gw, gw bener2 alami pemulihan dan janji Tuhan yang luar biasa.
    Keluarga gw yg ancur berantakan, skarang uda mulai nyatu. Bahkan nyokap gw mengalami mujijat kesembuhan dari Miom (kista) di rahimnya yg uda bertaon2 dia tahan,
    pas cek ke dokter Tuhan ngasi mujijat, kista itu hilang ga berbekas.

    Haleluya
    Biarlah kita hidup dalam damai, maka kesejahteraan akan menyertai kita. Sebab itulah janji Tuhan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s