Selamat Jalan Sahabatku. Dan Kembalilah…

Kemarin aku mendapat sms dari seorang sahabat yang telah lama tidak berjumpa. Berikut isinya:

Saudara2ku… Para sahabatku… dalem mau pamit pergi ke negeri Belanda lg dlm rangka pngobatan pnyakit kankerku.. Aku mohon maaf utk kesalahanku selama ini, biar ringan langkah kakiku dan lancar smua urusanku dsana. Aku jg mohon doanya agar bs selamat kembali k tanah air. Salam hangatku. []

Sontak aku terkejut dan seketika aku telepon sahabatku. Rupanya sahabatku telah menderita kanker sejak lama. Bahkan tahun 1999 sudah pernah mengalami operasi. Dan sayangnya aku baru tahu mengenai hal itu kemarin.

Sahabat, ketika aku telpon, engkau tampak begitu tabah dan sabar. Dan seperti biasa, engkau memanggil aku dan setiap sahabatmu dengan “sayang” seolah engkau begitu mengasihi aku dan setiap sahabatmu.

Setiap kali berjumpa denganmu, engkau yang kuanggap kakakku, selalu memberikan kesan hangat dan penuh kasih. Engkau selalu sabar dan seolah memiliki hati seluas samudra.

Tetapi mengapa padamu, penyakit yang begitu berat dan mematikan, harus engkau derita? Engkau cuma berkata bahwa selama ini hidupmu adalah mujizat. Betapa engkau begitu menikmati hidup sekian tahun sejak 1999 dengan tanpa beban dan tanpa pernah merasakan penyakitmu. Engkau mengisi sisa hidupmu dengan karya dan kasih kepada sesama.

Sahabatku, engkaulah inspirasi bagiku, betapa luas samudera kesabaranmu, betapa dalam kasihmu dan betapa tabahnya engkau dalam menjalani setiap tantangan hidup dan penyakitmu. Pagi ini engkau telah berangkat ke Belanda. Tampaknya sms-ku terlambat sampai ke ponselmu. Tetapi di sini, aku selalu berdoa untuk kesembuhanmu. Semoga Tuhan berkenan menjamahmu dan mengangkat penyakitmu sehingga engkau dapat sembuh seperti sediakala. Dan kembalilah ke Indonesia dengan kasihmu yang selalu dibutuhkan sesamamu. Jadilah penyalur berkat kasih karunia Tuhan.

Amin.

~~~
Tambahan: Pada bulan Mei sahabat telah pulang kembali ke tanah air dan dinyatakan sembuh dari kankernya. Puji Tuhan. Tuhan mendengar setiap doa umat-NYA.

One response to “Selamat Jalan Sahabatku. Dan Kembalilah…

  1. Hik Hik. tulisan yang romantis. Bagus..bagus..

Tinggalkan Balasan

